presentasi Teori Kepublikan






Banyak pengguna komputer sudah sangat akrab dan sering menggunakan dengan Microsoft PowerPoint untuk presentasi. Prinsipnya adalah seperti menggunakan layar Over Head Projector (OHP) jaman baheula atau jamanku kuliah dulu yang memakai plastik transparan hanya saja kita tak perlu repot-repot mengganti plastik tersebut karena sudah digantikan dengan mouse atau remote.
Sekarang aku sudah mulai menggunakan Prezi, zooming presentation, presentasi dengan Prezi tidak perlu berpindah dari satu slide ke slide lain. Cukup dengan satu kanvas besar yang bisa disisipi gambar, video, data, dan lain-lain serta cukup digeser-geser saja maka jadilah presentasi kita seperti melihat tampilan lukisan grafiti di dinding yang lebar. Jadi untuk presentasi dengan Prezi tak perlu banyak slide. Cukup 1 slide saja.
Dari satu topik ke topik, presentasi kita cuma cukup bergeser, malahan bisa berputar ke kiri dan kekanan, zoom sana zoom sini, tanpa perlu ganti slide. Inilah uniknya Prezi.
Enaknya Prezi, selain menarik, aku bisa membuka file presentasi dari mana saja aku berada asal ada koneksi ke Internet. Jaga-jaga jika koneksi Internet putus di tengah presentasi, Prezi masih menyediakan fasilitas untuk kita dapat mengunduh file presentasi kita ke dalam bentuk file executable (EXE) yang sebelumnya dikompres oleh Prezi dalam bentuk ZIP.
Enaknya yang lain, aku bisa mengedit bareng-bareng presentasiku secara online dengan rekan-rekanku yang lain dimanapun mereka berada, tentunya setelah aku beritahukan linknya.
Prezi bisa dicoba dengan gratis meskipun dieditnya harus secara online, maklum lah Prezi ini aplikasi web 2.0. Sedikit kekurangannya, aplikasi web dari Prezi ini semuanya berbasis Adobe Air dan membutuhkan kecepatan Internet yang baik untuk menggunakannya. Tapi meski lemot internetnya, aku masih bisa pakai kok. Kelemahan lainnya adalah presentasinya tidak bisa diprint, pilihan font dan warnanya terbatas, serta untuk beberapa minoritas orang dapat merasa pusing karena melihat perpindahan yang sangat dinamis.
So mesti coba bagi temen-temen yang belum coba...okey


Comments
0 Comments

0 komentar: