Cerita dari alun-alun Tugu


Apa yang terbesit oleh benak teman-teman ketika mendengar kata jogja, atau lebih spesifiknya menikmati indahnya malam di sebuah kota yang indah dan damai??? 


Yogyakarta memang kota yang sangat istimewa hingga mampu membuat penasaran banyak orang dan ingin berkunjung ke kota tersebut. Hal itu terbukti hingga kini ketika libur akhir pekan atau ketika libur panjang ,kota yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan,baik wisatawan yang datang dari mancanegara maupun wisatawan yang datang dari daerah lokal. Sehingga imbasnya adalah jalanan menjadi macet karena hal tersebut. Nah yang ini yang jarang terjadi ketika hari-hari biasa sob..

Karena banyak menyimpan beraneka ragam budaya makannya tidak jarang kota yogyakarta menjadi daerah yang istimewa, jika menelisik lebih jauh seorang pendatang yang mendiami kota yogyakarta akan merasa nyaman dan menganggap yogyakarta menjadi daerah yang berkesan dalam benaknya. Kemudian malah berat sekali meninggalkan kota tersebut. Dengan iklim yang sangat bersahabat tak heran memang kadangkala seringkali kita kangen akan hal tersebut ketika berada jauh diluar kota.

Oiy teman bukan mau promosi tentang yogyakarta ya...aku mencoba menuliskan apa yang sebenarnya terjadi ketika aku menikmati proses perkuliahan di yogyakarta hingga kini. Sibuk dengan rutinitas perkuliahan yang kadang kali membosankan atau ingin mencari suasana baru,aku putuskan untuk menikmati malam-malamku di kota tercinta ini. Berawal menginjakkan akhir pekan seperti biasa seringkali aku menyempatkan untuk menikmati malam dengan suasana indahnya langit jogja di alun-alun stasiun tugu. Suasana dimalam ini sangat bersahabat ditemani makan nasi porsi minimal di temani segelas jeruk hangat membuatku bisa melupakan rutinitas tugas yang diberikan oleh dosen semasa diperkuliahan.

Stasiun tugu merupakan salah satu stasiun tertua di indonesia dan tentunya banyak sekali menyimpan sejarah yang patut kita lestarikan untuk kedepannya. Stasiun tugu letaknya yang sangat strategis sehingga mudah untuk dijangkau dan enak sekali untuk bersantai sambil bernostalgia bersama teman-teman. Dan tentunya bukan di stasiun tugunya temen , melainkan tempat disekitar tugu. Banyak sekali angkringan berjejer di sekitar wilayah tersebut ditemani para pembeli yang berjejer rapi beralaskan tikar seadanya,menambah indah suasana malam di kota Yogyakarta.

Suasana itu sangat indah jika temen-temen rasakan karena malam ini ditemani banyak sekali pengamen yang menjajakan segala kreativitasnya ,bukan pengamen abal abal loh yang dijajakan disini melainkan menampilkan sisi kesenian yang patut kita apresiasi. Bukan hanya itu, kita juga dapat mendengar bunyi klakson kereta api yang sesekali berhenti di stasiun tugu menambah indah suasana malam di kota yogyakarta.

Seringkali setiap kota-kota besar di indonesia tidak pernah tidur walaupun hari sudah menunjukan pukul dini hari,begitu juga yang terjadi di kota yogyakarta. Meskipun kondisi sudah larut malam akan tetapi sekumpulan orang masih memadati jajanan angkringan yang ada disekitar stasiun tugu. Tujuannya bermacam-macam,ada yang bersama dengan para sahabat,teman,pacar dan lain sebagainya. Meskipun air embun sudah turun dimalam ini,rasanya semua orang tak menghiraukan apa yang terjadi di malam tersebut.

Inilah teman ceritaku di akhir pekan kali ini,menikmati indahnya malam di alun-alun kota yogyakarta,karena mungkin banyak sekali kekurangan atau kata-kata yang lebay semata mata penulis ingin mencurahkan segala apa yang terjadi dimalam itu.

Alun-alun tugu jogja pukul 00.30 dini hari.

1 comment: