Gunung Api Purba Nglanggeran

Tau gak temen-temen objek wisata yang terkenal di Gunung Kidul??? Coba hayo sebutkan ada apa aja disana??? Tentunya bagi yang berdomisili di Jogjakarta dan sekitarnya mungkin tidak asing lagi dengan daerah yang bernama Gunung Kidul ,baiklah langsung aja saya kasih tau ada apa aja disana jangan terlalu banyak basa-basi okey…tau gak temen-temen disana terdapat beberapa deretan pantai yang indah menawan dan eksotis yang masih terjaga kealamiannya ( ada pantai indrayanti, krakal, suing , kukup dan lain lain ) ,dan adalagi nih temen-temen Gua-gua bawah tanah yang masih alami keberadaanya cocok bagi yang suka petualangan nih salah satunya goa Jomblang dan goa Pindul yang sangat terkenal dengan keindahannya dan baru-baru ini terjadi sengketa antar kedua belah pihak yang ingin menguasai potensi kekayaan alam tersebut. 

Bukan hanya itu kawan, ada pegunungan yang sudah ada sejak lama sekali atau biasa disebut Gunung Api Purba. Kenapa disebut Gunung Api Purba konon kata masyarakat sekitar keberadaan gunung tersebut sudah ada sejak lama. Dari bentuk dan rupanya memang terlihat sekali tebing-tebing yang sangat tua dan memang ketika dulu gunung ini aktif namun kemudian sekarang sudah tidak aktif lagi dan hanya menyisakan puing-puing saja namun hal itu menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung. 

Nah temen-temen ,baru-baru ini aku dan temen-temen kampus mengunjungi pegunungan tua tersebut , gunung tersebut berada diantara gugusan bukit-bukit yang berada diantara hamparan dataran wonosari hingga gunung kidul . Gunung Api Purba ini terletak di desa nggalnggeran patuk gunung kidul Yogyakarta. Gunung ini masih terlihat kokoh walaupun sudah dimakan usia sejak ribuan tahun ,tidak hanya warga sekitar yang sudah kenal dengan objek wisata tersebut namun objek wisata ini sudah dikenal oleh masyarakat luas berkat sering masuk acara televisi. Sehingga tidak dipungkiri penghasilan dari objek wisata tersebut sudah mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar dan telah mengangkat kehidupan perekonomian warga . Hal ini yang menimbulkan imbas dari trickle down ( tetesan kebawah) terhadap kemajuan objek wisata tersebut walaupun masih kalah penghasilannya dengan objek wisata goa pindul katanya. 

Bersama temen-temenku yakni adam ,trias fetra , sigit , herlan ,agus ,afnan , agung ,nico ,punto dan terkhir ucup ( denger denger gak ngasih tau pas mau naik gunung soalnya takut gak boleh “ katanya )
Buka aja fotonya:
Temen-temen kampus,yang fotoin agung jadi maaf aja ya :-)

. Kami memulai pendakian mulai pukul 22.00 karena pendakian malem terasa sangat enak karena cuaca tidak panas. Berawal dari pos pertama kami semua membeli tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp.7,000 karena itu malam hari namun jika pendakiannya siang maka biayanya relatif lebih murah yakni berkisar Rp.5,000 . Uang tersebut mungkin tidak ada apa-apanya dibandingkan cerita yang didapat setelah menikmati malam-malam dipuncak Gunung Api Purba tersebut. Dan hal itu sebanding untuk melepaskan penat setelah menghabiskan waktu dengan baca buku dan lain lain selama 2 minggu menjalani UTS .ckckc 

Setelah menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam setengah kami akhirnya sampai di sebuah tempat dan kami langsung mendirikan tenda . tempat tersebut sudah tidak jauh lagi menuju puncak alasannya agar lebih hangat saja karena ketika mendirikan tenda dipuncak hal itu akan menyebabkan terpaan angin malam yang sangat.hehe karena malam itu terasa amat dingin . Kenyataannya kami tidak sendiri berhubung akhir pekan makannya banyak yang melakukan hal yang serupa dengan kami melakukan pendakian. Sehingga suasana diatas puncak lumayan ramai oleh tenda-tenda yang berjejer para pendaki. 

Pukul 3 pagi kami berkumpul membentuk sebuah lingkaran berhubung tidak ada kayu maka kami lebih memilih mengelilingi kompor yang sedang memasak air dan mendidih ,kehangatan yang terpancarkan oleh api tersebut menerpa kulit-kulit kami yang sejak lama sudah kedinginan.hehe ditemani oleh secangkir kopi yang hangat dan mie rebus kami menikmati suasana malam tersebut dengan antusias. Malam itu juga kami bernyanyi bersama ditemani gitaris mas punto ,kemudian makan mie rebus bersama dan senda gurau bersama karena disana ada ucup dan juga agus (cocok banget buat di buli .hehe pish )
Buka aja Fotonya:

Mas Punto lagi asik main gitar...


Buka aja Fotonya:
bernyanyi bersama dan makan-makan bersama

dan terkadang kami berharap pada temen-temen yang lain mkp ,bisa meramaikan lebih banyak lagi karena 11 orang mungkin bisa kami nikmati namun kurang maksimal , karena hanya kami yang merasakan kehangatan dan bener-bener hangat dalam keluarga Manajemen dan Kebijakan Publik 2012…hehe 

Pukul 5 pagi hari sebagian dari kami menjutkan perjalanan menuju puncak karena jarak antara puncak dan tempat kami mendirikam tenda tidak telalu jauh. Tujuannya sih hanya satu yakni ingin berfoto bersama diatas ketinggian yang dan menikmati sunrise dari puncak gunung tersebut. Dan ini temen –temen foto-fotonya takut disangka boong..ckck ( foto) 
Buka aja Fotonya:
Bersama-sama mendirikan tenda setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam 

Buka aja Fotonya:



Buka aja Fotonya:
menikmati secangkir kopi hangat diselimuti dinginnya malam



Buka aja Fotonya:
Menaiki batu dengan seutas tali....


Buka aja Fotonya:
Foto di pucak ketika matahari menampakan wajahnya ( Sunrise )


Buka aja Fotonya:
panorama yang disuguhkan diatas puncak gunung api purba :-)


Buka aja Fotonya:
diatas : Me-Nico
dibawah : Sigit- Agung




Tempat ini sangat cocok bagi temen-temen yang ingin berpetualang terutama didunia pendakian gunung ,karena tempat ini tidak terlalu tinggi sehingga tidak banyak membutuhkan tenaga yang banyak. Dan seolah olah gunung ini merupakan ajang pemanasan untuk mendaki gunung yang lebih tinggi. Tidak nyesel menikmati panorama keindahan yang disajikan Gunung Api Purba ini karena pemandangan diatas puncak sangat menawan. Dan gunung ini sangat terawat keberadaanya karena dipelihara oleh masyarakat setempat jadi bagi temen-temen yang ingin menghabiskan akhir pekan rasanya tempat ini sangat cocok dan tidak usah khawatir lagi tidak kuat untuk mendaki gunung... 

Tulisan ini dibuat pas jam kuliah Pak Sam ( sisem social politik Indonesia ) pukul 08.00 tanggal 22 April 2013 .
Kalo suka dengan ini ,monggo tinggalkan komen ya :-)

Comments
0 Comments

0 komentar: