Definisi Ilmu Politik

Ilmu Politik merupakan ilmu pengetahuan yang sangat komplek, bernilai esensi yang tinggi, dan terjadi melalui proses-proses secara tidak langsung yang termuat dan tercipta sejak dahulu dengan sendirinya. Secara etimologis, politik berasal dari bahasa Yunani ”polis” yang berarti kota yang berstatus negara. Secara umum istilah politik dapat diartikan berbagai macam kegiatan dalam suatu negara yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

Menurut Miriam Budiardjo dalam buku ”Dasar-dasar Ilmu Politik”, ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti Plato dan Aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik).

Menurut Rod Hague politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya

Politik dalam suatu negara (state) berkaitan dengan masalah kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijakan public (public policy), dan alokasi atau distribusi (allocation or distribution). Pengambilan keputusan (decision making) merupakan aspek utama politik yaitu pengambilan keputusan melalui sarana umum dan keputusan yang diambil menyangkut sektor publik dari suatu negara. Kekuasaan (power) adalah kamampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi otang atau kelompok lain sesuai dengan yang dia inginkan. Kebijakan public (public policy) adalah suatu kumuplan keputusan yang diambil oleh seorang atau kelompok politk dalam memilih tujuan dan cara untuk mencapai tujuan itu. Yang terakhir ditribusi atau alokasi (allocation or distribution) yaitu pembagian nilai-nila dalam masyarakat.





No comments:

Powered by Blogger.