Inilah 10 Manfaat Membaca Buku


Sebenarnya postingan ini merupakan potingan saling melengkapi dengan postingan manfaat menulis, karena dalam sebuah tulisan tentunya harus disertai dengan bahan-bahan yang hendak ditulis yakni dengan cara membaca, banyak pepatah bilang membaca membuka jendela dunia dan memang jika dikatakan demikian membaca banyak sekali manfaatnya meskipun tidak dirasakan dalam waktu dekat namun membaca juga bermanfaat dalam jangka yang lama.

    Membaca merupakan kegiatan seseorang untuk menambah wawasan, membaca banyak sekali cara atau metodenya mulai dari yang berat-berat berupa buku tebel-tebel sampai bisa dijadikan untuk alas kepala hehe, atau hanya membaca yang ringan-ringan saja. Namun dari terlepas itu semuanya membaca adalah kegiatan yang sangat positif apabila dilakukan, seperti halnya kemajuan sebuah bangsa diukur oleh seberapa banyak warganya yang gemar membaca , sering kita temui di luar negeri sana setiap sudut terminal , stasiun atau ditempat umum lainnya ketika seseorang menunggu kedatangan kendaraannya mereka semua melakukan kegiatan membaca. Coba deh perhatikan dengan kebiasaan masyrakat di Indonesia, yang ditemukan adalah orang-orang sibuk dengan gadgetnya masing-masing entah apa yang meraka lakukan dengan gadgetnya yang pada intinya kegiatan membaca belum menjadi budaya kita dinegeri tercinta ini.

Maka dari itu, sangat berguna sekali membaca disamping membuka wawasan kita apa yang belum diketahui, juga bermanfaat bagi kehidupan kita nantinya. Berikut adalah manfaat membaca bagi kehidupan kita yakni :

1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Saat kita membaca buku tepatnya buku pelajaran kita bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Sebab dalam buku pelajaran berisi ilmu pengetahuan yang kita butuhkan.


2. Mengetahui informasi ter-update

Tak jarang buku-buku memuat informasi, misalnya saja majalah. Dengan membaca majalah kita bisa mengetahui informasi ter-update, sebeb dalam majalah banyak memuat informasi berupa informasi selebriti, informasi harga produk, informasi lomba, dan lain-lain.


3. Mendapat motivasi untuk mencapai cita-cita

Saat ini banyak diciptakan buku-buku biografi orang-orang sukses. Jadi jika kita membaca buku seperti buku biografi seseorang yang sukses kita bisa termotivasi untuk mencapai cita-cita. Sebab dalam buku tersebut bisanya berisi tentang perjalanan hidup dan perjuangan orang tersebut hingga menjadi sukses.

4. Sebagai penghibur

Selain buku pendidikan, majalah, buku biograf, banyak juga diciptakan buku hiburan seperti komik dan novel. Biasanya dalam buku ini berisi cerita fiksi ( tidak nyata ). Jadi kita bisa membaca buku ini diwaktu senggang sehingga kita bisa merasa lebih terhibur.


5. Membaca akan meningkatkan kosakata Anda. 

Anda dapat belajar bagaimana mengira suatu makna dari suatu kata (yang belum Anda ketahui) dengan membaca konteks dari kata-kata lainnya di sebuah kalimat. Buku, terutama yang menantang, akan menampakkan kepada Anda begitu banyak kata yang mungkin sebaliknya belum Anda ketahui.


6. Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus. 

Anda perlu untuk bisa fokus terhadap buku yang sedang Anda baca untuk waktu yang cukup lama. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita. Oleh sebab Anda perlu berkonsentrasi untuk membaca. Seperti otot, Anda akan menjadi lebih baik di dalam berkonsentrasi.


7. Membangun kepercayaan diri. Semakin banyak yang Anda baca, 

semakin banyak pengetahuan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena Anda adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari Anda untuk mencari suatu jawaban. Perasaan Anda terhadap diri Anda sendiri akan semakin baik. [Namun ingat, ikhlas tetap merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan, dan berhati-hatilah dari sikap merasa bangga diri. Bersyukurlah selalu kepada Allah atas secuil pengetahuan yang Anda miliki].



8. Meningkatkan memori. 

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda tidak menggunakan memori anda, Anda bisa kehilangannya. Teka-teki silang adalah salah satu contoh permainan kata yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Membaca, walaupun bukan sebuah permainan, akan membantu Anda meregangkan “otot” memori Anda dengan cara yang sama. Membaca itu memerlukan ingatan terhadap detail, fakta dan gambar pada suatu literatur, alur, tema atau karakter cerita.


9. Meningkatkan kedisplinan. 

Mencari waktu untuk membaca adalah sesuatu yang kita sudah mengetahuinya untuk dilakukan. Namun, siapa yang membuat jadwal untuk membaca buku setiap harinya? Hanya sedikit sekali. Karena itulah, menambahkan aktivitas membaca buku ke dalam jadwal harian Anda dan berpegang dengan jadwal tersebut akan meningkatkan kedisiplinan.

10.Meningkatkan kretivitas.

Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dan membuka diri Anda terhadap ide dan informasi baru akan membantu perkembangan sisi kreatif otak Anda, karena otak Anda akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir Anda..



Mungkin itu saja,tunggu postingan berikutnya ya :)

No comments:

Powered by Blogger.