Apalah arti Komitmen


Sering kita dengar kata totalitas, kata komitmen, serta kata Pengorbanan. Benar memang totalitas sering kali berbarengan dengan yang namanya pengorbanan dan komitmen. Setiap segala sesuatu yang dilakukan untuk sebuah pencapaian yang maksimum maka senjata yang diperlukan adalah pengorbanan dan komitmen. Komitmen sering diartikan yakni sebuah sikap kebulatan tekad yang dimiliki oleh seseorang di dalam mencapai sebuah tujuan, tanpa dapat dipengaruhi oleh keadaan apapun juga, hingga tujuan tersebut tercapai. 


Di dalam mencapai sebuah tujuan, komitmen sangatlah berperan penting di dalamnya. Apabila kita memiliki komitmen, maka cita-cita yang hendak kita capai akan lebih mudah terlaksana. Karena pentingnya komitmen ini, maka sebelum menjalankan komitmen, setiap langkah yang akan dijalani di dalam mencapai tujuan tersebut, harus benar-benar direncanakan dengan matang. Dan setelah kita yakin dengan langkah-langkah tersebut, barulah kita dapat berkomitmen.


Gambaran kecil tentang komitmen dapat kita temui apabila menemukan sebuah hal kecil dan kita harus mampu menajalankan hal tersebut dengan sungguh-sungguh. Karena hal terkecil tersebut dapat menjadi besar apabila terus menerus di kumpulkan dan itulah sebuah pengalaman, teringat sebuah pesan ketika aku mengikuti sebuah diskusi bahwasannya “Sesuatu yang sudah dimulai jika tidak dilakukakan dengan sungguh-sungguh maka tidak akan ada hasilnya, walaupun ada hal itu tidaklah maksimal “ mungkin jika kita telah mengambil pilihan dan mau tidak mau kita harus menceburkan diri atau bahasa lainnya adalah dengan menikahinya. seseorang jika menikahi seorang gadis apapun yang ia minta maka selelruhnya akan dikasih begitu juga halnya seseoranga mencintai seorang wanita apapun akan rela untuk dilakukan, disebutkan namanya maka hati  akan senang, hari harinya akan selalu indah apabila dekat dengan si doi. Tapi bukan itu yang aku bahas melainkan esensi yang dapat diambil dari contoh kecil tersebut.


Mengabdi dengan cinta, apabila kita telah mencintai sebuah lembaga mau tidak mau kita harus menceburkan diri lebih dalam, bahkan harus lebih menyelam jauh kedalam meskipun nantinya air akan masuk kedalam telinga kita namun apalah artinya itu, kita jauh lebih mencintainya dan halangan-halangan tersebut tidak ada artinya sama sekali. Bekerja dengan cinta tidak akan pernah ada capenya karena hal tersebut ikhlas untuk dilakukan. 

Terkadang komitmen itu sendiri susah dan berat untuk kita lakukan namun percayalah kawan, jika komitmen kita lakukan maka balasannya akan jauh lebih besar. seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur'an
"Bahwa orang-orang yang berjanji setia kepadamu (Muhammad), sesungguhnya mereka hanya berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan-tangan mereka, maka barang siapa melanggar janji, maka sesungguhnya dia melanggar atas janji sendiri; dan barang siapa menepati janjinya kepada Allah, maka Dia akan memberinya pahala yang besar (Al Fath :10)


Mudah-mudahan aku dapat mengabdikan diriku dengan cinta dan semangat, bekerja dengan cinta. hal tersebut yang mendorongku untuk terus berkomitmen bertanggung jawab dan selalu berkorban. Karena aku merasa waktu yang kita punya sangat sedikit apabila kita sandingkan dengan beban dan pekerjaan kita yang semestinya kita selesaikan. 





Comments
0 Comments

0 komentar: