Inilah 6 Kuliner khas Cirebon

Dari pada sibuk mikiran bentar lagi UTS, maka dari itu mendingan posting tentang makanan asli Indonesia. Karena Indonesia tak hanya kaya wisata alam yang memukau. Untuk urusan perut, berbagai daerah di Tanah Air memiliki daftar menu teramat panjang untuk dijajal. Kota Cirebon salah satu contoh yang cukup menggambarkan melimpahnya ragam kuliner nusantara yang tak terkira lezatnya. Apa saja warisan kuliner dari kota Cirebon itu? Mari kita simak!

1.Nasi Lengko



Makanan ini mirip nasi pecel yang di atasnya ditaburi irisan kubus-kubus mentimun, taoge, daun bawang, potongan tempe dan tahu, kemudian dilumuri bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng.

2. Empal Gentong



Menu ini berupa daging dan jeroan sapi yang dibanjiri kuah mirip soto. Rasanya sungguh lezat, tapi memang sangat berkolesterol. Sesuai namanya, daging dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong yang terbuat dari tanah liat. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau lontong, kemudian disiram kuah bumbu yang khas, ditambah taburan bawang goreng dan daun kucai. Bagi penyuka pedas, sambal empal gentong sangat cocok untuk uji nyali karena dibuat dari saripati cabai merah kering yang dikemudian ditumbuk.

3.Nasi Jamblang



Nasi putih yang penyajiannya dibungkus dengan daun jati sehingga membuat nasi putih itu terasa berbeda. Anda bisa memilih berbagai jenis lauk sesuai selera. Mulai dari telur dadar, ayam goreng, daging sapi, ati sapi, otak sapi, pepes tahu, udang goreng, perkedel hingga rendang jeroan. Jangan lupa mencoba sambalnya, berupa irisan cabe merah pedas.

4.Tahu Gejrot



Berupa tahu yang di potong kecil-kecil ditaruh di atas piring kecil terbuat dari tanah liat kemudian disajikan dengan bumbu gula merah, cabai, bawang merah dan bawang putih yang diulek. Berbeda dengan tahu lainnya, tahu cirebon rasanya tawar dan teksturnya kasar, tapi justru ini daya tariknya. Tahu Gejrot menjadi jajanan yang membuat kita terus ingin melahapnya, apalagi dengan porsinya yang kecil.

5.Docang



Lontong dicampur kuah dage/oncom yang sudah dicampur bumbu-bumbu dan rempah-rempah menggunakan toge, menggunakan daun singkong, dan lebih nikmat bila makannya menggunakan kerupuk yang warna putih.
Doncang ini dulunya makanan rakyat jelata, sedangkan orang-orang kaya makannya menggunakan kuah dan daging.
Sedangkan ini adalah versi murahnya, tidak heran bila kuahnya menggunakan kuah oncom/dage, perposi dijual dengan harga Rp.2000

6.Tahu Petis


Tahu Petis Adalah tahu goreng yg disajikan dgn dipping/ cocolan sambal petis. Petis sendiri adalah semacam pasta (paste) dan bertekstur kental yg dibuat dari olahan udang

Silahkan disebar demi pengetahuan :D dan jangan lupa tinggalkan komentar

No comments:

Powered by Blogger.