20 Hal yang Harus Orang-Orang Berhenti Lakukan

KETIKA KAMU BERHENTI MENGEJAR HAL-HAL YANG GAK BAIK, KAMU MEMBERI KESEMPATAN KEPADA HAL-HAL YANG BAIK UNTUK MENGHAMPIRIMU.

Beberapa waktu lalu sahabat saya curhat “rasanya gue pengen kembali ke masa lalu, dan memperbaiki kesalahan,” hmm.. saya terdiam karena saya pun pernah ngerasain gimana rasanya ada di posisi dimana saya menyesali hal yang gak bisa saya perbaiki. Tapi inilah hidup.. kita emang gak bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan, tapi kita bisa memulai sesuatu yang baru hari ini dan berhenti melakukan hal-hal yang akan disesali di masa depan.
Sebelum menyesal, inilah beberapa hal yang harus kamu hentikan sekarang:
1. Berhenti menghabiskan waktu bersama orang yang salah
Hidup terlalu singkat untuk dihabiskan bersama orang yang membuat kamu terluka. Jika seseorang menginginkan kamu ada dihidupnya, dia akan menyediakan ruang untuk kamu. Kamu gak seharusnya bersaing untuk berada di dekatnya. Jangan memaksakan diri untuk bersama orang yang gak menghargai kamu, jangan. Bersamalah bersama orang yang selalu ada disaat suka dan duka, bukan seseorang yang cuman ada disaat kamu lagi senang.
2. Berhenti menjadi orang lain
Salah satu tantangan terbesar dalam hidup adalah menjadi diri sendiri di dunia yang berusaha menuntut kamu menjadi sama seperti orang lain. Memang, selalu ada yang lebih cantik/ganteng, ada yang lebih pintar, ada yang lebih kece, tapi gak ada orang yang seperti kamu. Setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Jadilah diri sendiri, dan orang yang tepat akan menyukai keaslian kamu.
3. Berhenti berlari dari masalah
Hadapi masalah kamu. Ya, mungkin itu gak mudah. Tapi Tuhan gak akan memberikan masalah kepada seseorang tanpa memberi kemampuan untuk menyelesaikannya. Mungkin kita akan marah, sedih, sakit hati, terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, tenggelam dalam lautan luka dalam. Tapi itulah tujuan hidup – untuk menghadapi masalah, belajar, dan beradaptasi. Hal inilah yang akhirnya mencetak kita dari bukan apa-apa menjadi seseorang.
4. Berhenti berdiri di ‘Gurun Sahara’
Tempat yang paling panas di muka bumi ini bukanlah Gurun Sahara, tapi hati yang terbakar karena melihat orang yang kamu cintai mencintai yang lain.. saking hatinya panas banget jadi serasa di Gurun Sahara ya? Iya. Berhentilah mengingat seseorang yang udah bahagia bersama yang lain. Mungkin kamu memang mencintainya sungguh-sungguh, tapi kamu juga berhak untuk bahagia.
5. Berhenti berbohong pada diri sendiri
Kamu bisa berbohong kepada siapapun di dunia ini, tapi kamu gak bisa berbohong kepada diri kamu sendiri. Gak apa-apa gak keren sementara waktu. Kamu gak harus berpura-pura selalu menjadi kuat. Kamu gak harus peduli dengan apa yang orang lain pikirkan, bahkan menangislah jika kamu memang ingin, meneteskan air mata itu sehat. Semakin cepat melakukannya, semakin cepat kamu bisa tersenyum lagi.
6. Berhenti melihat kebelakang
Kamu gak harus copoting kaca spion, hanya karena gak mau melihat kebelakang lagi. Bukan, bukan itu maksudnya. Masa lalu biarlah berlalu. Kamu takkan bisa memulai lembaran baru dalam hidup jika kamu terus membaca lembaran lama.
7. Berhenti takut gagal
Melakukan sesuatu dan gagal seribu kali itu jauh lebih baik daripada gak melakukan apa-apa. Setiap keberhasilan memiliki jejak kegagalan di belakangnya, dan setiap kegagalan membawa kamu menuju kesuksesan. Lebih baik menyesali kegagalan dan memperbaikinya, daripada menyesal kenapa gak pernah melakukan apa-apa.
8. Berhenti memarahi diri sendiri karena masa lalu
Kita mungkin mencintai orang yang salah dan menangisi mengapa itu harus terjadi, tetapi gak peduli seberapa banyak kita bertemu dengan orang yang salah itu akan membawa kita kepada satu orang yang tepat. Kita semua pernah melakukan kesalahan, melakukan perjuangan yang sia-sia, dan bahkan melakukan hal-hal bodoh. Tapi biarlah, sekarang kamu ada di sini, dengan kekuatan untuk memulai hari yang baru.
9. Berhenti menganggap bahwa uang itu segalanya
Iya sih, uang bisa membeli rumah mewah, mobil sport, tas bermerk, bahkan sebuah hubungan singkatpun bisa dibeli. Tapi, uang gak bisa menyelesaikan masalah ketika seseorang memiliki hubungan yang hancur, atau ingin mengobati kesepian. Sesungguhnya hal yang benar-benar membuat kita bahagia adalah hubungan cinta yang harmonis, canda dan bekerja di bidang yang kita cintai.
10. Berhenti terlalu khawatir
Semakin kamu khawatir, semakin hal yang gak kamu inginkan terjadi. Fokuslah pada apa yang kamu inginkan, dan selalulah berpikir bahwa sesuatu yang indah akan terjadi dalam hidup kamu. Dan suatu hari kamu akan gak nyangka bahwa apa yang kamu inginkan itu benar terjadi.
11. Berhenti berpikir kamu belum siap
gak ada yang pernah merasa 100% siap ketika kesempatan muncul. Karena peluang yang paling besar dalam hidup memaksa kita untuk keluar dari zona aman kita, yang berarti kita gak akan merasa benar-benar nyaman pada awalnya.
12. Berhenti menahan cinta
Hanya karena kegagalan cinta di masa lalu, bukan berarti kamu harus menahan cinta. Bebaskan rasa, kemanapun ia akan berlabuh. Dalam hidup ini setiap orang yang kamu temui membawa pelajaran, gak peduli ia melukai atau memberi arti.
13. Berhenti bersaing dengan orang lain
Jangan khawatir bahwa orang lain akan lebih baik dibanding kamu. Fokuslah bersaing dengan diri kamu sendiri di hari kemarin, apa hari ini kamu bisa lebih baik dibanding kamu yang kemarin?
14. Berhenti jealous kepada orang lain
Jealous kepada orang lain berarti kita lebih suka menghitung apa yang orang lain miliki dibanding diri sendiri. Merenunglah dan bersyukur atas apa yang kamu miliki, tapi gak dimiliki orang lain.
15. Berhenti menyimpan dendam
Hidup dengan kebencian itu sangat gak nyaman. Kamu selalu ingin menyakiti orang yang kamu benci, dan tanpa sadar kamu malah menyakiti diri sendiri melebihi orang yang kamu benci. Rugi loh menyimpan orang yang kamu benci dalam hati. Memaafkan adalah cara balas dendam yang terbaik.
16. Berhenti menanggapi haters
Biasanya haters membeci karena orang yang dibencinya lebih baik dibanding dianya. Jangan terbawa arus mereka yang hanya ingin membuat kamu down, karena mereka hanya ingin menarik kamu jatuh agar kamu bisa selevel dengan mereka.
17. Berhenti pamer
Teman kamu gak wajib harus tau segala yang kamu punya, sementara yang lainnya gak akan percaya kalau apa yang kamu pamerin itu punya kamu. Mungkin mereka malah bilang “jadi gue harus bilang wow?”
18. Berhenti berusaha sempurna
Dunia gak butuh kesempurnaan, dunia membutuhkan hal yang kamu bisa selesaikan dengan cepat dan tepat, bukan sempurna.
19. Berhenti terlalu santai
Apapun yang terjadi, rejeki gak jatuh dari langit. Berhentilah bersantai dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan selagi sempat. Ya kecuali kalau kamu termasuk salah satu keturunan dari yang kaya raya 7 turunan, baru boleh santai. Tapi gimana kalau kamu keturunan ke-8?
20. Berhenti cemberut
Penyebab seseorang cemberut adalah karena dia lagi merasakan keluhan. Mengeluh memang normal, itu mencerminkan penolakan atas ketidaknyamanan. Tapi, daripada mikirin seberapa banyak kesulitan-kesulitan kamu, lebih baik berpikir bahwa ada banyak orang yang lebih sulit dibanding kamu. Mulailah bersyukur mulai dari bangun tidur pagi.Tetaplah tersenyum, karena ada seseorang yang menyukai senyumanmu.

No comments:

Powered by Blogger.