Selamat Hari Pahlawan : You're the real my hero


10 November selalu diperingati sebagai hari pahlawan. Banyak orang manafsirkan arti seorang pahlawan menurut pandangannya masing-masing. Semua itu benar 

Melalui tulisan ini, izinkan saya untuk mendefinisikan arti pahlawanku

kamu tahu seorang ayah? yaaa, beliau adalah seorang pemimpin keluarga dan juga seorang tulang punggung dalam mencari nafkah bagi keluarganya. Tentu, ia tak akan pulang kerumah sebelum dagangannya laku, jika ayah kita sebagai seorang pedagang. Ayah tidak akan pulang kerumah terlebih dahulu sebelum tugas negara yang ia emban telah selesai, jika ayah kita menjadi seorang aparat penegak hukum seperti Polisi ataupun Tentara. Tanpa mengurangi rasa hormat, mereka semua mengorbankan waktunya bersama keluarga demi tugas mulia yang menjadi amanahnya. Ada sesuatu yang dikorbankan meskipun mereka ingin rasanya segera berkumpul dengan keluarga demi menghabiskan waktu berlibur bersama misalnya.

Belum lagi seorang ayah yang bekerja jauh di negeri orang, tentu perasaannya berkecamuk menahan rindunya rasa ingin bertemu jika suara takbiran berkumandang dimana-mana. Yang ia bisa lakukan adalah mendengarkan suara orang-orang yang mereka cintai dan hanya memandang foto yang sudah mulai buram akibat seringnya mereka pegang. 

Berapa kira-kira jumlah para pekerja indonesia yang ada di luar negeri baik itu sektor formal maupun informal? tentu banyak, berdasarkan data dari BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Sepanjang tahun 2014  mencatat penempatan TKI ke berbagai negara di dunia sebanyak 429.872 orang. Jumlah itu meliputi 219.610 orang (58 persen) TKI formal dan 182.262 orang (42 persen) TKI informal.

Dan ayah saya menjadi salah satunya...

Saya kira banyak pandangan yang mengartikan pahlawan, terlebih aku. 

Melalui tulisan ini, dan dalam rangka memperingati hari pahlawan. Aku mendedikasikan arti pahlawanku kepada Ayah. .Yaa, pahlawanku sekarang adalah ayah dan seorang mutiara kecil ini, adikku.

bagiku ayah adalah segalanya, meskipun jiwanya tak tampak di pelupuk mata, namun jerih payah serta perjuangannya sangat nampak terhujam dalam hati. Jiwa boleh jauh, namun tanggung jawabnya seperti tidak ada henti-hentinya 

Aku selalu berharap suatu saat nanti ayahku masih diberi kesempatan merasakan kehadiran anaknya bermanfaat bagi banyak orang, bukti bahwa didikannya selama ini telah membuahkan hasil yang manis.

Selamat hari pahlawan, you're the real my hero
Siapa pahlawanmu?


No comments:

Powered by Blogger.